Jenis Kulit dan Perawatannya

jenis kulit

Jenis Kulit Wajahmu beserta Perawatannya

1. Kulit Wajah Normal

Jenis kulit ini cenderung memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan kandungan minyak, sehingga tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak.

Kulit wajah normal ini  biasanya jarang memiliki masalah kulit, tidak terlalu sensitif, pori-pori pun hampir tak terlihat, serta terlihat sedikit bercahaya.

Karena tidak terlalu menimbulkan banyak masalah, maka perawatan jenis kulit wajah normal cenderung lebih mudah, tinggal menggunakan perawatan kulit wajah khusus untuk kulit normal, mulai dari  :

  • Milk Cleanser ( pembersih wajah )
  • Facial Wash ( sabun wajah )
  • Freshner ( toner / penyegar )
  • Serum
  • Cream Malam
  • Suncare / Cream Pagi
2. Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit wajah berminyak biasanya karena produksi sebum dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang berlebih.

Sebum merupakan zat minyak yang berasal dari lemak. Sedangkan kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang terdapat di bawah permukaan kulit.

Walaupun sebum berfungsi membantu melindungi dan melembapkan kulit, namun kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Faktor yang memengaruhi tingginya produksi sebum pada kulit seseorang adalah :

  • Faktor Genetik
  • Perubahan Hormon
  • Stres

Kulit wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar, terlihat berkilau namun kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam.

Perawatan jenis kulit wajah berminyak bisa dengan cara:
    • Rajin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Gunakan pemberih wajah yang lengkap dan tidak mengandung milk, seperti Cleansing Acid , Liquid Wash Oily, Liquid Wash Acne / Liquid Wash Acid ( jika tumbuh jerawat ), Freshner Oily , Freshner Soothing ( sensitif ) , Freshner Acne ( berjerawat ) dari Shineskin. Menggunakan sabun wajah tidak boleh lebih dari 3 kali / hari karena akan membuat kulit kering dan makin memicu sebum ( minyak ) makin banyak di produksi dan hasilnya kulit akan makin berminyak .
    • Berikan produk suncare non-comedogenic yang cenderung tidak menyumbat pori-pori, seperti suncare oily & acne day niaz ( untuk jerawat sedang dan berat ) atau suncare acne ( jerawat sudah sembuh dan ringan ).
    • Gunakan suncare berulang2 untuk mencegah kulit kering di siang hari dan tidak merangsang sebum untuk di produksi lebih banyak .
  • Berikan serum atau cream dan suncare yg tidak mengandung yg zat yg membuat kulit lembab dan merangsang tumbuh jerawat . Kandungan yg harus dihindari oleh kulit berminyak dan berjerawat baik tropical atau di minum  :

– Vitamin C dan E
– Kolagen
– Arbutin ( boleh jika pemakian sedikit & tidak berjerawat )
– Milk
– Aha ( boleh jika pemakain sedikit dan tidak berjerawat )

  • Berikan serum atau cream malam yg bersifat explorasi ( kelupas ) karena produksi minyak yg banyak sangat rentan menimbulkan komedo, jika sel2 kulit mati terangkat / kelupas maka jerawat bisa di hidari dan pori2 kulit bersih dari komedo dan pori2 bisa lebih mengecil.
  • Kertas minyak. Kendati tidak mencegah produksi sebum berlebih, namun kertas minyak ini dapat membantu meminimalisir kelebihan minyak di wajah.
  • Hindari makanan yang tidak sehat seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, dan makanan olahan.
3. Kulit Wajah Kering

Jenis kulit wajah kering kurang memiliki kelembapan di lapisan kulit terluar. Hal ini mengakibatkan retakan pada permukaan kulit, serta akan terasa kering ketika disentuh.

Kulit wajah kering biasanya memiliki pori-pori yang hampir tak terlihat, permukaan luar kulit terlihat kasar dan kusam, serta kulit kurang elastis.

Kulit jenis ini juga lebih mudah memerah, gatal, bersisik, dan meradang.

Kulit wajah kering bisa disebabkan atau diperburuk oleh faktor genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca dingin, sinar matahari, radiasi ultraviolet, mandi air panas terlalu lama, atau bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, pembersih, hingga obat-obatan.

Perawatan jenis kulit wajah kering dapat meliputi:

  • Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung alkohol atau wewangian.Hindari mandi dan mencuci muka dengan air hangat terlalu lama.
  • Berikan pembersih yg mengandung milk .
  • Gunakan pelembap setiap selesai mencuci muka.
  • Pakailah sabun pembersih wajah dengan bahan yang melembapkan, seperti Liquid Wash Normal dari Shineskin.
  • Berikan toner yg tidak mengandung alkohol seperti Freshner Soothing atau kalo kulitnya sangat kering jangan pakai toner.
4. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit wajah sensitif memiliki kepekaan yang rendah terhadap beberapa hal.

Kulit ini mudah sekali mengalami alergi atau iritasi, serta ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu, seperti lingkungan, tanaman, makanan, dan bahkan produk kosmetik.

Kulit wajah sensitif akan mudah mengalami kemerahan, gatal, kering, pengelupasan, serta terbakar ketika terjadi kontak dengan pemicunya.

Perawatan jenis kulit sensitif bisa dengan mengetahui pemicu yang menyebabkan reaksi alergi atau iritasi.

Dan hindari menggosok wajah. Usahakan untuk tidak menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam, dan wewangian.

5. Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kering. Seseorang dengan jenis kulit kombinasi biasanya memiliki kulit berminyak yang terkonsentrasi di zona-T (dagu, hidung, dan dahi), sementara pipinya tetap kering.

Kulit wajah ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan masa puber, yakni ketika kelenjar minyak meningkatkan produksi sebum.

Terkadang berbagai produk perawatan kulit wajah dibutuhkan untuk merawat kulit jenis ini.

Perlakuan terhadap bagian wajah pun sedikit berbeda, misalnya pembersih ringan dan pelembap mungkin diperlukan di pipi, sementara produk anti-jerawat dengan kandungan salicylic acid  mungkin diperlukan di zona-T.

Jadi perawatan kulit kombinasi ini bisa di kombinasikan antara cream malam yg aman untuk semua jenis kulit dan pelembab untuk bagian yg kering saja seperti bagian pipi.

Shineskin hadir untuk membantu para wanita dalam merawat kulit wajahnya yang disesuaikan dengan jenis kulit dan keluhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *