Eksfoliasi

proses eksfoliasi

Apa itu Eksfoliasi ?

Eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati sehingga regenerasi sel kulit tidak terhambat.

Sel kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit wajah terlihat kusam, kering, kasar dan memunculkan banyak masalah seperti munculnya flek hitam, komedo dan jerawat.

Dermatologis Melyawati Hermawan mengatakan, “terkadang kulit wajah yang kering juga bukan karena situasi benar2 kulit kering atau bener2 memiliki jenis kulit kering. Melainkan karena sel kulit mati yang menumpuk dan tidak kunjung lepas”.

Oleh karena itu banyak sekali yg mengeluh kulit kering tapi berjerawat dan mengklaim jenis kulitnya kering padahal jenis kulit sebenernya berminyak. Hal ini disebabkan karena kulitnya tidak beregenerasi dengan baik sehingga timbul keluhan kulit kering, komedo dan berjerawat.

Melyawati mengatakan “eksfoliasi secara teratur dapat menghilangkan sumbatan dan regenarasi kulit agar berjalan dengan bagus kembali”. Menurutnya, kulit manusia memiliki proses regenarasi secara natural setiap 28 hari sekali.

Namun seiring dengan bertambahnya usia, proses regenerasi akan menjadi lebih lambat. Oleh karena itu jika tidak dilakukan perawatan khusus, maka kulit akan nampak kering, kusam, kasar, flek hitam, berkomedo dan berjerawat, serta masalah kulit lainnya. “Kulit bayi, beregenerasi setiap 14 hari rutin diganti sel kulit baru. Mulai remaja mulai melambat, makanya muncul jerawat. Di usia 30 tahunan menjadi 40 hari, selanjutnya makin lambat lagi,”

Ada beberapa kondisi yang dapat semakin memperlambat pengangkatan sel kulit mati. Diantaranya seperti polusi, asap rokok, termasuk juga stres dan sumber radikal bebas lainnya.

Kapan harus eksfoliasi ?

Eksfoliasi yang tepat dilakukan pada malam hari. Pasalnya, untuk pagi dan siang hari wajah akan lebih baik menggunakan tabir surya. “Malam saat kita istirahat, terjadi penetrasi semua zat-zatnya, jadi akan lebih bagus exfoliasi saat malam hari.”

Saat ini sudah banyak produk eksfoliasi bermunculan sehingga bisa kita gunakan sendiri di rumah. Dari sisi intensitas pemakaian produk exfoliasi tergantung pada kondisi kulit dan konsentrasi eksfoliatornya.

Untuk produk eksfoliator yang bisa digunakan di rumah, baiknya produk tersebut memiliki total kandungan asam tak lebih dari 10% sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga untuk pemakaian dua hingga tiga kali seminggu masih dinilai aman.

Bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering harus lebih berhati-hati dalam melakukan eksfoliasi. Termasuk jika melakukan eksfoliasi dengan produk yang bisa digunakan di rumah.

Kandungan alkohol di dalamnya bisa membuat wajah menjadi lebih kering dan membuat tak nyaman. Oleh karenanya untuk jenis kulit kering dan normal  penggunaan produk eksfoliasi wajib didampingi pelembab, baik serum atau pun cream malam.

Bagi yg memiliki jenis kulit berminyak sangat baik melakukan tindakan eksfoliasi, minimal seminggu 3 kali. Selain itu bisa di tambah penggunaan pelembab yg berbahan dasar gel yang di pakai jika kulit terasa kering saja . Agar tidak menimbulkan jerawat… !!

Sementara dari segi usia, eksfoliasi sebenarnya sudah direkomendasikan sejak dari usia remaja, dimana masalah kulit mulai bermunculan, seperti jerawat dan kembali lagi tergantung dari kebutuhan kulit.

Produk yang bersifat ekspoliasi

Berikut produk shineskin yg bersifat eksfoliasi berijin BPOM dan halal serta aman di gunakan sehari2 di rumah :

  1. Tonic glow
  2. Wash glicolic
  3. Freshner acne
  4. Cleansing acid

Tonic Glow adalah Cairan eksfoliasi yang mengandung glicolic acid 5 % ( asam glicolic 5% ), gingseng ( memperbaiki sel2 kulit dan anti oxidan) dan Aloevera ( pelembab). Glicolic Acid adalah eksfoliasi kimia yang digunakan untuk mengelupas permukaan kulit dari tumpukan sel-sel kulit mati dengan cara menghancurkan ikatan antar sel sehingga sel kulit yang mati lebih mudah lepas.

Glicolic Acid biasa digunakan sebagai salah satu kandungan andalan bagi pemilik kulit kasar dan kering karena fungsinya yang bisa mempercepat, mengoptimalkan proses pembaharuan kulit, sekaligus menghidrasi. Yang perlu di ingat juga adalah Glicolic Acid bisa meningkatkan kepekaan kulit terhadap sinar matahari, karena itulah penting untuk mengimbanginya dengan memakai tabir surya setiap hari.

Fungsi nya sebagai:

  • Exfoliasi kulit sehingga kulit beregenerasi maximal
  • Membersihkan kulit mati, meminimalisir komedo
  • Memudarkan noda flek & bekas jerawat dan menjadikan kulit glowing
  • Sebagai anti-aging
  • Mencerahkan kulit wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *